Wednesday 29 December 2010

Rumah Ultra Ramping di Tokyo, Jepang









Bangunan yang satu ini layak diberi label Unbelievable! alias Menakjubkan! Saya merasa tertarik untuk menulis tentang bangunan ini karena tantangan desain-nya lumayan berat yaitu mendesain rumah tinggal di atas tapak yang sangat "tipis" yang berbentuk trapesium.

Desainnya yang ultra ramping mengingatkan kita akan bentuk televisi plasma yang sedang menjadi trend di seluruh dunia, bila di lihat dari sisi lain bangunan ini juga terlihat seperti heater atau penghangat ruangan yang banyak digunakan di negara-negara bermusim dingin. Bangunan berfungsi rumah tinggal ini dirancang oleh studio arsitektur di Jepang, Jo Nagasaka + Schemata Architecture Office, dengan tujuan untuk menciptakan sebuah rumah tinggal yang dapat menampung segala kebutuhan penghuninya.

Tantangan terbesar bagi para arsiteknya dalam proses rancangan adalah menghasilkan desain sebuah bangunan rumah tinggal di atas tapak yang sempit dan berbatasan langsung dengan jalan. Solusi kreatif yang kemudian disodorkan oleh para arsitek untuk mengatasi tantangan tersebut adalah menciptakan bangunan dengan fasade bersudut 63,02 derajat. Solusi kreatif tersebut mampu menciptakan view baru yang positif dari dalam bangunan juga bagi lingkungan luarnya sekaligus membantu memaksimalkan ruang dalam.

Tampilan bangunan dibuat minimal, tidak diimbuhi banyak detail, baik pada bagian luar maupun dalam. Fasade bangunan dicat putih sementara bagian dalam dibiarkan berwarna beton alami. Aksentuasi kontras pada ruang dalam diberikan oleh furnitur.

Sheffield . 27 Desember 2010

Sumber literatur & foto:


1 comment:

  1. Keren euy ...

    Silahkan mampir juga ke www.edupaint.com
    atau ke www.hiyoto.com

    Yuk berdiskusi tentang arsitektur dan hunian yang nyaman untuk didiamin.

    ReplyDelete